Vitamin A menurunkan risiko kanker

Kalbefarma – Konsumsi vitamin A dosis tinggi dapat menurunkan risiko terjadinya kanker lambung. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Susanna C. Larsson dari Karolinska Institute di Stockholm, Swedia.
Vitamin A terdapat dalam bentuk mentahnya pada makanan hewani sebagai retinol atau bentuk prekursornya.Vitamin A mempengaruhi perkembangan kanker lambung melalui perannya dalam mengendalikan proliferasi sel.
Dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti menuliskan bahwa berbagai penelitian epidemiologis terhadap vitamin A, retinol (bentuk mentah vitamin A), dan provitamin A yaitu karotenoid dan kaitannya dengan risiko kanker lambung mengeluarkan hasil yang tidak konsisten.
Para ilmuan melakukan pemeriksaan terhadap rekam medis dari 82.000 orang Swedia yang telah berpartisipasi dalam penelitian dan menyelesaikan kuesioner frekuensi-makanan pada tahun 1997 dan dipantau sampai bulan Juni 2005.
Pemantauan rata-rata dilakukan selama 7 tahun. Selama kurun waktu tersebut, ditemukan 139 kasus kanker lambung yang terdiagnosa.
Pada mereka yang mengkonsumsi vitamin A total, atau retinol, alfa-karoten dan beta-karoten dalam makanan dengan dosis tinggi menunjukkan kecenderungan yang lebih rendah terhadap risiko kanker lambung.
Dibandingkan mereka yang paling sedikit mengkonsumsi vitamin A, kelompok yang paling banyak mengkonsumsi vitamin A mengalami penurunan risiko kanker lambung sebanyak 50%.
Selain itu diketahui pula bahwa merokok dapat mempengaruhi kekuatan vitamin A dalam mencegah kanker lambung, namun alcohol tidak memperlihatkan pengaruh positf maupun negatif.

0 komentar:

Posting Komentar